Sabtu, 01 Desember 2012

Seni Budaya Semester 1 Seni Rupa

A.Seni Rupa
  
       Seni rupa diartikan sebagai cabang seni yang merupakan ungkapan perasaan seseorang yang dimanifestasikan ke dalam bentuk karya dengan media yang dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan oleh rabaan yang diciptakan dengan mengolah konsep garis,bidang,bentuk,volune,warna,tekstur,dan pencahayaan dengan acuan estetika yang dapat menyenangkan diri sendiri atau orang lain.
Seni kriya diciptakan selain mengekspresikan keindahan juga memiliki fungsi tertentu yakni memiliki kegunaan praktis,Seni kriya juga disebut sebagai seni kerajinan.

Beberapa contoh seni kriya yang terdapat di Indonesia antara lain sebagai berikut.
1.Ukir kayu Pandai Sikek dari Sumatra Barat dan ukir kayu Krawangan dari Jepara,sebuah daerah di Pantai Utara Jawa.
2.Batik dari Jawa Tengah.
3.Kerajinan perak dari Yogyakarta dan Jepara.
4.Keramik dari Yogyakarta.
5.Anyaman dari rotan.
6.Perisai dan topeng hudog dari Kalimantan Timur.
7.Pahatan yang simbolik dari Asmat.

B.Karya Seni Kriya Keramik dan Ukir Kayu

  1.Keramik merupakan saalah satu jenis kerajinan tradisional yang ada pada awalnya diproduksi secara sederhana untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri: anglo,kendi,kuali,belanga,dan sebagainya.Daerah penghasi keramik (sentra produksi keramik) antara lain terdapat di Semarang,Banjarnegara,Purbalingga,dan Jepara.Produk keramik yang dihasilkan antara lain: guci,vas bunga,mangkok dan piring,aneka patung,meja,kursi,asbak,tempat sayur,dan sebagainya.

2.Ukir kayu
Ukir kayu yang terkenal di Pulau Jawa antara lain adalah.

a.Jepara
Informasi penting yang dapat melengkapi gambaran industri ukir Jepara adalah sebagai berikut.
1)Pangsa pasar yang sangat prospektif,baik lokal,regional,maupun internasional.
2)Tersedianya bahan baku yang memadai.
3)Tersedianya tenaga kerja lokal yang kompetitif dan mempunyai keterampilan tinggi memberikan ciri khas eksklusivitas produk ukir Jepara.
4)Dukumgan sarana dan prasarana serta kemudahan pengurusan dokumen ekspor.
5)Lokasi produksi menyebar hampir di seluruh wilayah kabupaten.

b.Ukir Kayu Karduluk,Sumenep
Ukiran kayu dari DEsa Karduluk mempunyai warna-warni yang meriah dan mencolok.Warna tersebut meupakan warna khas masyarakat Madura yang terbuka dan dinamis.Warna yang paling dominan terdiri dari 3 warna saja,yaitu warna merah,kuning,dan hijau.
Kejayaan seni ukir Madura di masa lalu dapat dilihat di Asta Tinggi tempat makam raja-raja Sumenep yang dipenuhi dengan seni ukir bertema naga bersayap dan kuda terbang.Karya serupa juga dapat disaksikan di Keraton Sumenep serta bangunan Masjid Agung Sumenep.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar